Jumat, 01 Januari 2010

Atom Jilid Kedua

Atom jilid kedua
Intel Pine Trail adalah platform berfitur system-on-chip dengan desain yang lebih ringan dari pendahulunya. Platform ini terdiri atas prosesor atom N450 dan chipset NM10 Express(pasangan platform Pine Trail untuk netbook) serta atom D410 dan D510 dengan chipset NM10 Express untuk desktop. Platform Pine Trail ini dibangun dari arsitektur dua cip. Grafis dan pengontrol memori bergabung ke dalam prosesor dan dipasangkan dengan chipset selaku pengotrol input\output. Atom versi sebelumnya berplatform tiga cip,yaitu prosesor,pengotrol memori dan pengotrol input\output.
Chipset adalah pendatang baru yang menggantikan chipset ICH7 atau ICH7M pada atom versi sebelumnya. Ia mendukung port SATA,USB 2.0,PCI Express dan Intel HD Audio. Dengan penyederhanaan arsitektur tersebut, intel mengklaim prosesor ini akan bekerja lebih cepat, bentuknya lebih langsing dan lebih hemat 20 persen ketimbang atom versi sebelumnya. Artinya tenaga baterai bisa lebih ditingkatkan.
Pine tral diprodusi dengan teknologi proses 45 nanometer berbahan High-K Metal Gate. Dengan begitu, di dalam tubuhnya yang lebih kecil ini masih bisa ditanamkan lebih banyak transistor,sehingga performanya pun jauh meningkat. Dengan ukuran tubuh yang lebih kecil,pemakaian Pine Trail diperkirakan lebih luas ketimbang seri atom sebelumnya. Prosesor ini akan lebih mudah ditanamkan di ponsel dan perangkat internet bergerak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar