Sabtu, 05 Desember 2009

BlackBerry Messenger 5.0

BlackBerry Messenger 5.0

Research In Motion atau Rim telah memperbaharui peranti peranti lunak blackberry Messenger ke versi 5.0. Dengan adanya pembaharuan ini, pengguna bisa mendapatkan beberapa fitur baru untuk saling berkirim pesan instant di layar BlackBerrynya masing masing.
Perubahan utama pada peranti luman ini adalah antarmuka. Agar layar tampil lebih personal, pengguna bisa membuat avatar dirinya sendiri. Diantarmuka inijuga terdapat lokasi dan zona waktu.
Avatar ini bisa ditentukan dari gambar atau foto. Avatar secara otomatis akan tampak juga pada para kontak mereka. System ini juga akan mengumpulkan berbagai avatar di daftar kontak BlackBerry.. BlackBerry Messenger 5.0 ini juga menyediakan kolom status yang bisa diperbaharui setiap saat. Status dan pembaharuannya akan otomatis ditampilkan di layar mereka yang termasuk dalam daftar kontak. lYr utama juga akan menampilkan pembaruan teranyar dari para kontak dan grup milik pengguna. Di tiap grup yang bisa didesain sendiri terdapat fungsi untuk chatting, berbagai update lokasi,alamat,kalender,foto dan sebagainya. Grup ini akan menjadi forum diskusi dalam skala kecil. Tiap grup bis amenampung maksimal 30 anggota. Berbagai pemabruan di grup bisa diatur agar tampil di layar home. Dengan demikian kita tak perlu mencari cari lagi bila ingin langsung chatting. Foto daftar kontak baik grup maupun nongrup bisa disinkronkan dnegan situs jejaring social facebook. Bila orang yang ada dalam kontak memang memiliki akun di situs ini, foto untuk profilnya bisa diambil dari situs tersebut. Penambahan anggota bisa dilakukan memalui barcode (Barcode adalah representasi data yang secara oprikal bisa dibaca oleh mesin. Bentuknya bisa berupa garis,dot,bangun heksagonal.atau pola geometric lainnya. Barcode bisa dibaca oleh pemindai optikal yang disebut pemindai barcode atau dipindai dari sebuah gambar oleh peranti lunak khusus).barcode ini berupa gambar atau kode yang ada dalam profil atau identitas pemilik BlackBerry. Pengguna cukup saling memindai barcode di layar BlackBerry dengan kamera digital ponsel masing masing. Dengan begitu data si pemilik barcode akan otomatis terpindai dan tersimpan.
BlackBerry Messenger 5.0 memungkinkan penggunanya saling berbagi berkas dalam ukuran besar yakni sampai 6 MB. Untuk software chatting, fitur semacam ini sebetulnya tak begitubatu, namun untuk perangkat bergerak seperti BlackBerry, ini adalah fitur yang baru dan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar